Juve Lebih Tangguh

Agustus 31, 2009 at 8:58 am (Olahraga) ()


Pekan Kedua Serie A

Gelandang Juventus, Diego (kanan) memberi selamat kepada Felipe Melo seusai terciptanya gol ketiga Juve ke gawang AS Roma di pekan kedua Serie A yang digelar di Olimpico Stadium, 30 Agustus 2009. Juve unggul 3-1. AFP PHOTO/Andreas SOLARO
Melo dan Diego (© AFP 2009)

Artikel Terkait

Liputan6.com, Roma: Tak percuma Juventus merogoh kas klub sebesar 45 juta euro atau sekitar Rp 640 miliar untuk memboyong playmaker Werder Bremen, Diego Ribas da Cunha dan gelandang Felipe Melo dari Fiorentina di bursa transfer musim panas ini. Keduanya menjadi aktor kunci di balik keberhasilan Bianconeri menundukkan salah satu rivalnya di Serie A Italia, AS Roma, 3-1 (1-1) dalam big-match yang digelar di Olimpico Stadium, Minggu (30/8) sore waktu setempat.

Dua dari tiga gol kemenangan Juve dicetak Diego lewat keterampilan individunya yang luar biasa di menit ke-25 dan menit ke-67. Pun begitu pula dengan aksi Melo yang berhasil menjebol gawang Giallorossi lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti ketika pertandingan memasuki menit ketiga injury time. Satu-satunya gol hiburan Roma pun sejatinya terbilang luar biasa. Tendangan jarak jauh Daniele De Rossi di menit ke-35 tak mampu diantisipasi Gianluigi Buffon. Sayang, hanya itu yang bisa dilakukan anak-anak asuhan Luciano Spalletti.

Dengan hasil ini, sampai usainya pekan kedua Serie A, Juve memuncaki klasemen sementara dengan jumlah enam (6) poin hasil dari dua kali kemenangan. Sebaliknya, kekalahan ini kian membuat Roma terpuruk di dasar klasemen. Di pekan pertama, Roma ditaklukkan Genoa 2-3.

Menjamu Juventus, Spalletti melakukan sejumlah perubahan dengan menurunkan Julio Sergio Bertagnoli di bawah mistar gawang menggantikan Artur. Di lini tengah, Simone Perotta kembali diturunkan untuk menopang duet Jeremy Menez dan Francesco Totti. Di lain pihak, Ciro Ferrara memainkan gelandang anyarnya Felipe Melo yang terbebas dari hukuman. Di lini depan, Ferrara tetap memercayai duet Amauri dan Vincenzo Iaquinta dan mencadangkan Alessandro Del Piero dan David Trezeguet.

Sejak awal, big-match di giornata kedua ini berlangsung menarik dan berjalan dalam tempo tinggi. Kedua tim berusaha mencetak gol lebih dulu. Di menit ke-22, kiper Julio Sergio melakukan save dengan menepis sundulan Thiago. Tiga menit kemudian, Roma kecolongan. Di garis tengah, bek Mauro Cassetti melakukan blunder. Bola di kakinya berhasil direbut Diego yang segera melakukan akselerasi ke kotak penalti. Meski dikawal ketat bek Roma, lewat kecerdikannya Diego menempatkan bola di sudut kiri gawang Julio Sergio. 1-0 untuk Juve.

Keunggulan Juve tak bertahan lama. Sepuluh menit kemudian, memanfaatkan kelengahan anak-anak Juve dan posisi Buffon, Daniele De Rossi mencetak gol balasan lewat tendangan keras dari jarak 30 meter. Skor berubah menjadi 1-1. Gol yang pantas masuk nominasi gol di musim ini melecut semangat Totti dkk. Namun, justru tim tamu yang nyaris menambah keunggulan lewat dua peluang emas yang didapat Amauri. Sundulannya di menut ke-38 masih dapat ditepis Julio Sergio. Empat menit kemudian, sontekan striker berdarah Brasil itu hanya membentur tiang kiri gawang Roma. Di menit terakhir babak pertama, Buffon membayar kesalahannya dengan melakukan penyelamatan gemilang saat berhadapan satu lawan satu dengan Totti.

Di babak kedua, tensi tetap tinggi. Di menit ke-54, lagi-lagi Julio Sergio melakukan save dengan memblok tendangan kaki kiri Amauri. Tiga menit kemudian, giliran Nicolas Burdisso yang menyelamatkan Roma menyusul blokadenya terhadap tendangan Iaquinta. Di menit ke-66, kembali sundulan Amauri dimentahkan Julio Sergio. Namun, semenit kemudian, Julio Sergio harus menyerah melihat sepak terjang Diego. Mendapat umpan flick dari Iaquinta, Diego melakukan akselerasi ke kotak terlarang. Meski mendapat kawalan dari Philippe Mexes, sepakan Diego di dalam kotak penalti tak dapat diantisipasi dengan baik oleh Julio Sergio. Skor berubah menjadi 2-1.

Sejak itu, Roma kian bernafsu mencetak gol balasan. Masuknya Mirko Vucinic membuat daya dobrak tuan rumah kian tajam. Di menit ke-71, Menez membuang peluang menyusul tendangannya yang jauh melebar. Dua menit berlalu, flying header Vucinic masih menyamping dari gawang Buffon. Di menit ke-78, Roma mendapat peluang emas. Tendangan Totti dari jarak 20 meter hanya membentur tiang kanan gawang Juve. Di sela-sela serangan tuan rumah, Juve mencoba membalas lewat sepakan Diego yang kali ini dapat ditepis Julio Sergio.

Di sisa waktu, Roma kian gencar menekan pertahanan tim tamu. Namun, memasuki menit ketiga injury time, Juve memastikan pulang ke Turin dengan membawa tiga poin lewat gol Melo. Mendapat bola di garis tengah, Melo melakukan aksi sendirian. Dari jarak 18 meter, tendangan kaki kirinya menembus sudut kiri gawang Julio Sergio. Skor 3-1 untuk Juventus bertahan sampai peluit akhir berbunyi.

Susunan Pemain:
Roma:
Julio Sergio, Cassetti, Mexes, Burdisso, Riise (Vucinic), Taddei (KK, Tonetto), De Rossi (KK), Pizarro; Perrotta (KK, Cerci), Menez, Totti.
Juventus:
Buffon, Grygera (KK), Cannavaro, Chiellini, De Ceglie (Legrottaglie), Thiago (KK), Felipe Melo, Marchisio (KK, Camoranesi), Diego (KK, Poulsen), Iaquinta, Amauri.
Wasit: Gianluca Rocchi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: