Al-Chaidar: JI Solid karena Pakai Asas Kekeluargaan

Agustus 20, 2009 at 1:56 pm (Berita) ()


Artikel Terkait

Liputan6.com, Depok: Polisi telah mengumumkan empat buronan teroris. Mereka adalah Syaifudin Zuhri bin Djaelani Irsyad (Syaifudin Jaelani atau SJ–Red) alias Ustad Syaifudin Zuhri alias Udin alias Soleh, Bagus Budi Pranoto, Muhammad Syahrir, dan Aryo Sudarto. Keempat buronan itu diduga kuat terlibat pengeboman di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton, Jakarta, 17 Juli silam, yang menewaskan sembilan orang [baca: Buronan Polisi adalah Kakak Beradik].

Menariknya, Syaifudin Zuhri dan Muhammad Syahrir merupakan kakak beradik, putra dari Jaelani Irsyad. Keduanya pernah tinggal di Jalan Giring-Giring, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Pengamat terorisme, Al-Chaidar menyatakan adanya hubungan kekerabatan para teroris merupakan hal yang wajar. Pasalnya, dalam organisasi Jamaah Islamiyah (JI) hubungan darah sangat berpengaruh. dia menambahkan, jajaran pimpinan JI didasari oleh hubungan darah. “Jadi mereka sangat solid,” katanya dalam diskusi Klub Buku SCTV di Studio SCTV, Jakarta.

Untuk itu, kata Al-Chaidar, hubungan persaudaraan melalui perkawinan sering digunakan untuk memperkuat dan mengembangkan organisasi JI. “Sehingga amat sulit diinfiltrasi dari pihak lain,” tukasnya.

Dengan minimnya infiltrasi membuat JI sangat solid. Tak ayal, polisi akan kesulitan untuk menangkap Noordin dan antek-anteknya. “Karena banyak yang melindungi,” katanya.(AND)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: