Barca Masih Butuh Pemain Baru

Agustus 19, 2009 at 2:02 pm (Olahraga) ()


Jelang Musim 2009-2010

Pelatih Barcelona, Pep Guardiola saat konferensi pers jelang leg pertama semifinal Liga Champions melawan Chelsea di Camp Nou Stadium, 27 April 2009. AFP PHOTO/JOSEP LAGO
Pep Guardiola (© AFP 2009)

Artikel Terkait

Liputan6.com, Barcelona: Dibanding Real Madrid, rival abadi dan musuh bebuyutan, pergerakan Barcelona di bursa transfer musim panas 2009 terbilang adem ayem. Jika Los Blancos, julukan Madrid, begitu royal berbelanja pemain bintang, hanya dua pemain baru yang diboyong Azulgrana, julukan Barca, ke Nou Camp. Kebetulan, kedua pemain berasal dari klub yang sama, Inter Milan, yaitu defender asal Brasil, Maxwell, dan striker asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic.

Pelatih Barca, Josep “Pep” Guardiola menilai rekrutmen kedua pemain baru itu belum cukup untuk membuat skuadnya dapat dianggap komplet. “Kami masih membutuhkan seorang pemain baru. Saya tahu (tipe pemain yang diburu) dan Direktur Teknik Klub (Txiki Begiristain) pun tahu. Jika memungkinkan, rekrutmen itu bisa terealisasi. Jika tidak, ya tidak,” tutur Guardiola kepada harian AS seperti yang diktuip Goal.

Melihat roster klub sampai saat ini, argumen Guardiola terbilang wajar. Pasalnya, meskipun berhasil memboyong dua pemain baru, faktanya di lain sisi, Barca kehilangan lima pemain, yaitu Samuel Eto’o yang direkrut Nerazzurri, dan empat pemain lainnya yang dipinjam klub lain, seperti bek muda Alberto Botia (Sporting Gijon), defender Martin Caceres (Juventus), gelandang Alexander Hleb (Stuttgart), dan striker Keirrison (Benfica).

“Musim lalu kami mempunyai skuad yang luar biasa. Kini pun kami masih tetap memilikinya. Akan tetapi, kami kehilangan seseorang. Namun, itu tergantung dari kondisi yang terjadi di bursa. Kami akan membicarakan kemungkinan pembelian pemain baru itu sebelum bursa ditutup,” tambah Guardiola.

Setelah menjalani laga di Trofeo Joan Gamper melawan Manchester City, Rabu (19/8) malam nanti, Barcelona, dengan status juara Liga Champions 2008-09 akan menghadapi ujian sesungguhnya saat berlaga di ajang Piala Super Eropa melawan juara UEFA Cup musim lalu, Shakhtar Donestk di Stade Louis II, Monako, Jumat (28/8).

Guardiola meminta anak-anak asuhannya bersikap waspada. “Dalam beberapa tahun terakhir, juara UEFA Cup mampu mengalahkan jawara Liga Champions. Kami harap, kali ini hal itu tidak akan terjadi,” ujar Guardiola. Setelah Manchester United dikalahkan Zenit St Petersburg, 29 Agustus 2008, Barcelona pun sempat bernasib naas: dihantam Sevilla tiga gol tanpa balas di ajang serupa, 25 Agustus 2006. (MEG)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: