“The Great Flu”, Game Pengontrol Flu Babi

Agustus 18, 2009 at 10:35 am (info) (, )


Liputan6.com, London: Kemunculan flu babi pada April silam telah menimbulkan kepanikan. Ternyata, hal itu menarik perhatian para gamers. Sejumlah peneliti di Belanda menciptakan sebuah game online bernama “The Great Flu” yang menantang para pemainnya untuk mengontrol suatu pandemi. Game ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus H1N1 di dunia.

“Game ini menunjukkan apa yang sekarang sedang terjadi di dunia nyata,” ujar Albert Osterhaus, Kepala Virolog Erasmus Medical Center pada MSNBC, Senin (17/8) waktu setempat. Untuk mendapatkan game ini, pemain hanya perlu mengakses situs bernama http://www.thegreatflu.com dan dapat memainkannya secara gratis.

Cerita dalam game ini bermula dari adegan seorang pengidap flu di masa pandemi Spanish Flu pada 1918 yang tertidur di ranjang. Pemain yang berperan sebagai Kepala Lembaga Pengontrol Pandemi Dunia atau World Pandemic Control kemudian dapat memilih suatu menu yang menunjukkan sudah sejauh mana virus menyebar, berapa penderita, dan berapa banyak yang meninggal dunia.

Setelah itu, pemain dapat langsung menentukan berbagai pilihan untuk melawan penyebaran virus, seperti pemasangan sistem kamera di tempat-tempat tertentu, mengontrol distribusi vaksin, dan menutup sejumlah tempat umum seperti sekolah dan bandara. Untuk melakukan aksi tersebut, pemain harus mampu menggunakan dana dengan sebaik-baiknya. Bila terlalu boros, kata-kata peringatan akan muncul di layar.

Walau belum mencobanya, juru bicara Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyambut baik kemunculan game ini. WHO dan Osterhaus berharap selain meningkatkan kesadaran, masyarakat juga dapat mengetahui bahwa mengambil suatu keputusan dalam dunia kesehatan publik tidaklah mudah.(AND)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: